7 Wisata Kuliner Bandung yang bikin ketagihan

Bandung memang surganya kuliner, dari jajanan kecil sampai makanan di cafe maupun restoran. Berdasarkan pengalaman teman-teman non-Bandung yang sering main ke Bandung untuk cari tempat makan enak, kami membuat daftar makanan yang seringkali mereka cari saat mengunjungi Bandung. Tentunya ada banyak sekali makanan enak di Bandung, namun kami pilih 7 Kuliner Bandung yang enak dan paling dicari. Semoga bisa jadi panduan saat mau wisata kuliner di Bandung!

1. Sapulidi Lembang
Slogan “back to nature” memelopori berdirinya kawasan kuliner Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi berhasil menyita perhatian publik. Hampir setiap hari, tempat kuliner Bandung yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana Anda akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Untuk memesan makanan, Anda harus memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Semua jenis kuliner lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan, merupakan beberapa contoh makanan andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau di tempat kuliner ini. Selain itu, tersedia juga masakan khas Sunda, Jawa, hingga internasional.

2. Kampung Daun
Ingin menikmati dinner romantis? Kampung Daun menghadirkan restoran bertema cafe and culture gallery. Saat malam hari, kawasan wisata kuliner Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansanya tradisional, hening, nyaman, dan berhawa sejuk dengan tempat makan didesain dalam bentuk saung bambu dengan konsep lesehan.

Di bagian depan Kampung Daun, terdapat beragam jajanan zaman dahulu, antara lain dodol, gulali, dan kembang gula. Selain itu, ada pameran permainan tradisional yang akan mengingatkan Anda pada masa kecil era 90-an. Jika ingin membeli oleh-oleh khasBandung, Anda bisa mengunjungi galeri suvenir.



Menu yang disuguhkan di tempat wisata kuliner Bandung ini cukup beragam, antara lain masakan khas Indonesia, western, Italia, dan aneka makanan ringan. Penyajian makanan dilakukan dengan dua cara, yaitu modern dan tradisional. Harga kulinernya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 saja. Anda bisa menyambangi tempat kuliner Bandung ini dari pukul 11.00 sampai 23.00 waktu setempat.

3. Atmosphere Resort Cafe
Atmosphere Resort Cafe merupakan restoran bergaya Bali dan Sunda yang bertempat di jantung Kota Bandung. Berlokasi hanya 15 menit dari alun-alun, tempat wisata kuliner Bandung ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Konsep bersantap di saung dan gazebo merupakan fasilitas istimewa yang sulit Anda nikmati di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat makan karena kafe ini mampu menampung lebih dari 600 orang sekaligus.

Harga makanan dan minuman di kafe Atmosphere cukup terjangkau. Untuk makanan utama, harganya mulai dari Rp50.000 saja. Sementara harga makanan penutup mulai dari Rp20.000. Tidak ketinggalan, aneka jus, es krim, dan cokelat disajikan dengan rasa yang khas. Kalau tidak mau ribet, Anda bisa memesan paket kuliner Bandung yang terdiri dari lima jenis masakan. Cukup dengan membayar Rp40.000 sampai Rp70.000, paket tersebut sudah dapat dicicipi.

Menariknya, Atmosphere Cafe juga menyuguhkan televisi raksasa untuk acara menonton bersama. Jika membutuhkan akses internet cepat, Anda bisa memanfaatkan jaringan nirkabel secara gratis.

4. Bumbu Desa
Bermula dari rasa cinta terhadap masakan nusantara, restoran Bumbu Desa dihadirkan untuk mengobati kerinduan pada kampung halaman. Ragam makanan khas Sunda dikemas secara apik dalam konsep kekinian. Berbagai macam kuliner Bandung berbahan ikan dan udang tersaji dengan kelezatan sempurna.

Sayur asam dan ikan gurami cobek merupakan salah satu menu favorit di Bumbu Desa. Ada pula ayam goreng laos, ayam goreng bumbu kecap, dan karedok yang dihidangkan dengan gaya pedesaan. Jika Anda penggemar ikan dan udang, tersedia beberapa menu pilihan, antara lain pepes ikan mas, kere ikan mas, udang peci, dan cumi goreng. Sebagai pelepas dahaga, segelas es cendol dan es kelapa bisa dipesan dengan harga murah meriah.

Restoran Bumbu Desa dapat Anda temukan di Jalan Laswi, Pasir Kaliki, dan Rumah Mode Jalan Setiabudi. Tak hanya makanan dan minuman utama saja yang bisa dinikmati. Di tempat kuliner Bandung ini juga tersaji aneka camilan renyah dan lezat dengan cita rasa tradisional. Kerennya, restoran etnik ini memiliki 30 cabang di seluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia lho.

5. Bale Gazebo
Jika Anda mampir ke Gedung Sate Bandung, sempatkan juga untuk makan di Bale Gazebo. Restoran modern ini menyajikan beragam masakan Sunda, dan meskipun berlokasi di pusat kota Bandung, desain interiornya dibalut dengan gaya tradisional Indonesia. Area makan di sini dibuat lesehan dengan meja berbahan kayu. Makanan pun dihidangkan menggunakan tampah, daun pisang, atau di wadah anyaman bambu sehingga akan sangat terasa sekali suasana tradisionalnya.

Bagi penggemar nasi timbel dan tutug oncom, tempat wisata kuliner Bandung ini menyediakan kemasan dalam daun pisang dengan lauk lengkap berbumbu khas Sunda. Selain itu, terdapat menu nasi liwet kastrol, aneka olahan gurami, dan sayuran yang menyegarkan. Untuk ragam olahan nasi, tersedia tiga pilihan, yaitu komplet, polos, dan spesial.

Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam saat bersantap di Bale Gazeebo. Harga makanannya mulai dari harga Rp6.500 sampai dengan Rp40.000 per porsi. Bahkan, menu nasi timbel spesial ditawarkan dengan harga Rp38.500 saja untuk satu porsi.

6. Nasi Kalong
Butuh makanan ketika menginjak tengah malam? Kedai nasi kalong siap melayani keperluan bersantap Anda. Namanya memang menyeramkan, tetapi isinya sangat menggiurkan. Kuliner Bandung yang satu ini mulai beroperasi pada malam hari, mulai pukul 19.00.

Tampilan nasi yang disajikan berwarna hitam seperti badan kelelawar. Itulah sebabnya, makanan ini disebut nasi kalong. Rasanya gurih, pulen, dan bikin ketagihan. Namun, Anda harus rela mengantre jika ingin mencicipi keunikan rasa nasi kalong yang telah berhasil menjadi salah satu tempat kuliner malam terpopuler di Bandung. Pasalnya, banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat makan malam ini. Tidak jarang, kursi-kursi di kedai ini penuh total dipadati penikmatnya. Bahkan, antreannya bisa sampai keluar area makan.

Biasanya, nasi kalong disajikan bersama dengan buncis mentah. Untuk lauknya, Anda bebas memilih yang disukai, misalnya, ayam goreng, tempura udang, dendeng ayam, rolade daging, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi pilihan menu nikmat lainnya yang dihidangkan secara prasmanan. Kurang lebih tersedia 20 macam masakan dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp35.000 per porsi.

7. Roemah Nenek Resto Cafe
Rumah makan bergaya klasik ini terletak di Jalan Taman Cibeunying Selatan. Ketika sampai di depan pintu, Anda akan disambut foto seorang wanita muda ditambah dengan dekorasi benda-benda kuno yang antik.

Di Roemah Nenek Resto Cafe, Anda bisa menikmati masakan khas Italia, China, dan berbagai jenis masakan Asia lainnya. Ada juga menu western dan aneka kopi dengan olahan istimewa. Harga makanan di tempat kuliner Bandung ini cukup terjangkau, Anda sudah dapat mencicipi satu porsi kuliner ala Roemah Nenek dengan harga mulai dari Rp17.000 saja.

0 komentar:

Post a Comment