obyek wisata terbaru pantai ngeden / ngedan di gunung kidul yogyakarta

pantai ngeden / ngedan merupakan sebuah tempat wisata pantai di yogyakarta yang masih sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Menurut dari beberapa sumber dari waga sekitar yang ada disini , pantai ini masih tergolong sepi dan ternyata baru dalam tahap pembangunan .
Pantai ngeden / ngedan, bagi orang jawa dua kata tersebut memiliki arti yang merujuk ke hal negatif, tapi entah kenapa pantai tersebut di beri nama ngeden, sulit untuk menjelaskannya karena tentang sejarah pantai ini juga tidak ada informasi yang valid.

Lokasi pantai ngeden ini sendiri berada di Pedukuhan Bedalo Desa Krambil Sawit kecamatan saptosari gunung kidul , Yogyakarta . Jarak pantai dari Ibu kota Kabupaten Gunungkidul pun cukup jauh , yaitu sekitar 36 Km. dan jika dari Kantor Kecamatan Saptosari kurang lebih berjarak sekitar 15 Km.

Untuk rute menuju pantai ngedan ini tidaklah susah , ketika pengunjung telah sampai pada Jalan Saptosari-Panggang pada pertigaan depan Balai Desa Jetis, belok ke arah selatan menuju Desa Ngloro. Lalu tepat di pertigaan depan Balai Desa Ngloro, belok ke kanan. Tak perlu khawatir pada setiap persimpangan terdapat papan penunjuk arah.

pantai ngeden ngedan jogja
Jalan ke pantai ini cukup mudah dilalui, karena tidak ada tanjakan sangat tinggi atau turunan yang sangat curam dan membahayakan pengunjung .setelah anda melewati jalan cor beton , anda akan di suguhkan pemandangan yang sangat luar biasa yang di sajikan alam gunung kidul . luasnya sawah yang berwarna hijau serta pepohonan yang rindang membuat anda semakin dapat merasakan ke alami an dari tempat ini
pantai ini sebenarnya tidak jauh beda dengan pantai yang ada di gunung kidul lain nya, sama seperti yang lainnya , pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan di lengkapi dengan banyaknya karang di bibir pantai, tapi yang menjadi kan istimewa tempat ini adalah pantai ini masih sangat alami, hampir tidak ada sampah yang berserakan seperti pantai yang sudah ramai pengunjung , dan juga terdapat beberapa gazebo yang sepertinya baru saja di bangun untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjungnya .

pantai ngeden ngedan gunung kidul

Setelah puas di bagian bawah pantai , ternyata menurut info warga sekitar , bagian atas juga sudah dibangun jalan setapak, segeralah naik keatas, rupanya pemandangan diatas luar biasa sangat indah dan tidak kata yang lebih sempurna lagi untuk mendeskripsikan tempat ini

Untuk menuju ke puncak pantai kita bisa melewati jalan setapak tersebut yang baru dibangun sepanjang kurang lebih 430 meter, cukup melelahkan memang ,apalagi jika matahari sangat terik , tapi smua itu trbayarkan dengan pemandangan dari atas . Bagi yang hobi dan penggemar Mancing , pantai ngeden / ngedan adalah salah satu spot memancing yang jadi primadona , karena disini terdapat kawasan terumbu karang yang menjadi sarang nya ikan kerapu dan lobster yang siap dipancing .

Dari atas bukit ini kita bisa melihat secara leluasa pemandangan yang elok dari pantai ngeden / ngedan dan sekitarmya, dan bagi para pemburu sunset , lokasi ini juga merupakan lokasi yang pas untuk berburu sunset, karena selain di ketinggian , lokasinya pun juga agak menjorok ke selatan.

pantai ngeden ngedan gunung kidul jogja

lokasi dan alamat pantai ngeden / ngedan gunung kidul

Pantai ngeden ini bralamat di Krambil Sawit, Sapto Sari, Gunung Kidul Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871 , adapun titik GPS dan peta berikut @-8.1157835,110.4940553

bila di lihat dari map , sebenarnya lokasi pantai ini jaraknya dekat dengan pantai ngobaran , namun jalan yang di lalui harus memutar untuk bisa sampai ke pantai ngobaran

map peta lokasi pantai ngeden / ngedan

rute menuju pantai ngedan / ngeden gunung kidul

Jika anda berangkat dari Yogyakarta , ambil arah menuju Ringroad - jl.wonosari , dilanjut Sampaan > Piyungan, > Bukit bintang (Patuk Gunungkidul) , lalu melewati jalan Sambipitu , dan anda akan sampai di Hutan Bunder , setelah itu menuju ke Gading (pertigaan setelah lapangan udara belok ke kanan menuju arah Playen) > Tumpak > Pasar Playen , nah setelah melalui tempat tersbut berarti anda sudah di Kecamatan Playen , setelah itu belok ke kanan menuju arah Paliyan , dan saat di pasar Paliyan, maju sedikit , anda akan menemukan pusat latihan TNI AD , lalu anda lurus ke selatan , Setelah ada Telaga belok ke kanan ke arah Polsek Saptosari , setelah itu ada pertigaan belok kanan mengikuti JJLS (jalan jalur lingkar Selatan) > ada Lapangan Saptosari masih lurus > setelah pertigaan di depan balai Desa Jetis ambil arah ke kiri , jika sudah ikuti jalan saja , setelah ada pertigaan ke kanan dan memasuki jalan corblok ikuti papan petunjuk menuju ke lokasi ke Pantai Ngeden

harga tiket masuk pantai ngedan / ngeden jogja

jika anda ingin mengunjungi pantai nan indah ini, ternyata tiket masuknya cukup murah , dengan Rp 2.000 anda sudah bisa merasakan keindahan dari pantai ngeden ini

kuliner yang ada di pantai Ngeden yogyakarta

walaupun pantai tidaklah terlsalu ramai , namun di tempat ini sudah terdapat banyak sekali penjual makanan dan minuman yang sebagian adalah warga setempat itu sendiri , tentunya dengan harga yang sangat terjangkau berbagai kalangan

hotel terdekat di pantai ngedan

Hotel dan restoran dekat pantai ngeden sudah banyak terdapat di sekitar pantai ini, nah untuk anda yang ingin menginap , hotel yang ada disini sangatlah terjangkau , mulai dengan harga 160.000 rupiah saja , anda sudah bisa menginap semalaman di area tempat yang sangat eksotis ini.