pantai sadranan obyek wisata baru di tepus gnunug kidul

gunungkidul selalu saja menyembunyikan banyak sekali surga surga tersembunyi di jogja. bayangkan saja jika dari ujung barat gunungkidul sampai ujung timur pasi di dalam nya terdapat tempat wisata yang unikdan tidak akan di temukan di tempat lain di indonesia.

Beberapa waktu yang lalu baru ada sebuah pantai di gunungkidul yang belakangan ini sedang naik daun sebagai pantai yang memiliki tempat snorkling yang sangat indah yaitu pantai nglambor . Tapi ternyata tidak hanya pantai nglambor yang bisa digunakan untuk snorkling pantai sadranan di gunungkidul. Ada beberapa pantai lain di di gunungkidul yang bisa digunakan untuk menikmati
Hampir sama dengan pantai lain di jogja , nama pantai tersebut adalah pantai sadranan , pantai di gunungkidul ini memiliki karakter pasir berwarna putih dan karang di pinggir pantai, hanya saja di pantai sadranan karang cenderung sedikit serta di pantai tersebut di dominasi pasir berwarna putih.
obyek wisata baru di tepus gunung kidul Pantai yang berada di antara pantai krakal dan pantai indrayanti ini masih sangats epi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hanya ketika hari libur sjaa akan sedikit lebih ramai dari pada hari-hari biasa. Tapi itulah yang menjadi daya tarik pantai sadaranan. Sepi dan tenang.

pantai sadranan tepus gunung kidul
Pantai sadranan ini secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul jogja. berada satu kompleks dengan pantai-pantai lain di gunungkidul. Hanyas aja akses menuju kesana tidak semulus dengan pantai-pantai lain di gunungkidul. Jalan menuju pantai sandranan ini masih cenderung rusak .
Namun , meskipun begitu , fasilitas yang ada di pantai sadranan ini sendiri cukup lengkap . Mulai dari rumah makan yang menyediakan menu seafood sampai toilet dan kamar mandi juga sudah tersedia .
Jika pengunjung membawa rombongan yang cukup banyak di pantai sadranan gunungkidul tersedia sebuah gazebo cukup besar yang muat di isi oleh belasan orang . Sangat cocok bagi wisatawan yang mengadakan pesta mapun acara pertemuan di pinggir pantai secara kecil kecilan.

Atau jika membawa rombongan cuma beberapa orang saja atau satu keluarga cukup menyewa gazebo kecil-kecil yang banyak terdapat di pinggir pantai sadranan . Atau bisa juga tiduran di pinggir pantai dengan menyewa payung pantai dengan karpetnya. untuk harga yang ditawarkan biasanya memiliki range harga antara 10.000 sampai 25.000 rupiah.

Di pantai sadranan juga terdapat sebuah penginapan yang tempatnya berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah ini memiliki view lautan luas . Atau bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. Hanya saja pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung jika ada yang membuang sampah bekas camp di pinggir pantai

Nah kegiatan paling seru yang ada di pantai ini adalah snorkling di pantai sadranan. Jika sebelumnya pantai nglambor sudah lebih dulu terkenal dengan snorklingnya di gunungkidul maka pantai sadranan adalah lokasi yang tidak kalah indah . Bahkan ada beberapa ikan langka dan di lindungi yang berada di pantai sadranan ini , cukup menarik bagi para pengunjung yang ingin melihat ikan langka yang hidup di alam liar .

snorkling pantai sadranan gunung kidul
Untuk snorkling di pantai sadranan pengunjung bisa menyewa peralatan snorkling sebesar 50.000 dan bisa menikmati pemandangan bawah air dengan sepuasnya . Waktu yang cocok untuk snorkling adalah pagi hari antara jam 06.00-08.00 pagi. dan jika di sore hari antara jam 04.00 – 18.00. Tapi kebanyakan wisatawan lebih memilih disore hari sambil menikmati sunset yang sangat menawan.

pantai sadranan gunung kidul jogja

lokasi dan alamat Pantai Sadranan tepus gunung kidul


Pantai sadranan ini berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia . adapun titik GPS dan peta sebagai berikut ,
@-8.1454637,110.6019193

map lokasi pantai sadranan gunung kidul yogyakarta

rute menuju ke Pantai Sadranan tepus gunung kidul yogyakarta


Ada beberapa rute altrnatif untuk menuju ke pantai sadranan ini, namun , rutee yang paling mudah jika anda berangkat dari solo dan melewati kota jogja yakni sebagai berikut ,

Solo - Klaten (Jln. Solo-Jogja) - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI Gading - Siyono - Bundaran Tugu BPD lurus ke timur - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul - Pantai Krakal - Pantai Sadranan..

harga tiket masuk pantai sadranan gunung kidul


Untuk harga tiket masuk pantai ini adalah Rp 10.000 , biaya tersebut merupakan biaya retribusi yang juga termasuk berkunjung ke pantai – pantai yang ada di sekitarnya

pantai sadranan gunung kidul yogyakarta

kuliner di Pantai Sadranan jogja


Banyak sekali saung saung yang ada di bibir pantai sadranan ini, dan di sang tersebut menawarkan berbagai menu seafood yang tak kalah dengan seafood restoran mahal , dan harga nya pun cukup terjangkau untuk semua kalangan

hotel terdekat di Pantai Sadranan gunung kidul yogyakarta


hotel dan penginapan yang ada di dekat pantai sadranan ini cukup banyak sehingga anda tidak terlalu susah untuk menemukannya , dan hargaya pun bersaing sebanding dengan fasilitas yang di tawarkannya , salah satu yang terkenal adalah De Bambu Bungalow , penginapan ini memiliki konsep yang sama dengan sadranan bungalow, letaknya juga berada di tepi pantai. Namun yang membedakan penginapan de bambu bungalow dalah karena bangunannya terpisah antara yang satu dengan lainnya , terkesan romantis dan cocok untuk keluarga ,teman ataupun pasangan anda untuk berlibur di sini. Harga nya cukup terjangkau untuk sekelas bungalow , yakni sebesar Rp350.000/malam. Fasilitas : Bed,Fan,Kamar Mandi dalam, Ruang Santai,dll .

0 komentar:

Post a Comment