6 Wisata Kuliner di Bandung Paling Enak yang Wajib dicoba

Bandung memang surganya kuliner, mulai dari jajanan kecil sampai makanan di coffee - coffee. Pastinya ada banyak sekali makanan enak yang di Bandung, namun disini saya cuma menulis 6 Kuliner Bandung yang enak dan paling dicari. Semoga bisa anda jadi panduan saat mau wisata kuliner di Bandung! ini adalah 6 Wisata Kuliner di Bandung Paling Enak yang Wajib dicoba.

1. Batagor Bandung

Batagor ini merupakan makanan yang digoreng tidak lain adalah Bakso Tahu Goreng dan Batagor ini sangat enak dan mempunyai ciri khas biasanya dari olahan daging ikan, tahu dan sambalnya. Sambalnya biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Beberapa batagor yang terkenal di Bandung di antaranya:
Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa, Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang)). 

2. Yamien Bandung
Yamien ini kuliner Bandung enak hampir mirip seperti Mie Ayam tidak lain seperti it, yamien bandung menurut saya adalah mie kuning yang direbus, ditiriskan kemudian diaduk-aduk dengan minyak dan kecap di dalam mangkok. Taburannya biasanya berupa daging ayam suwir ataupun cincang dan daun bawang, kadang ada juga yang pakai bawang goreng. Kuahnya bisa ditambah bakso, pangsit ataupun baso tahu. Yang agak tricky.


3. Nasi Kuning Pasirkoja
Menariknya nasi kuning pasirkoja adalah identik nasi kuning itu dimakan untuk menu sarapan pagi tapi beda dengan nasi kuning pasir koja yang buka di malam hari sekitar jam 1-2 dini hari. Sayuran yang bisa dipilih di nasi kuning pasirkoja: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom.


4. Perkedel Bondon
Perkedel Bondon adalah salah satu kuliner malam legendaris yang ada di kota. Bahan dasar perkedel bondo ini pada dasarnya sama dengan perkedel - perkedel yaang ada di pasaran namun yang membedakan adalah cara penyajiannya menggunakan cara tradisional. Konon diberi nama ittu karena jualannyaa malam - malam saat para bondon bekerjaa. Perkedel Bondon ini berlokasi di jalan Kebun Jati No 42, Kebun Jeruk, Bandung. Perkedel Bondo mulai di rintis sejak tahun 1982 sampai saat ini.


5. Nasi Kalong
Nasi Kalong adalah nasi yang berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah di masak dengan kluwek sehingga hasilnya menjadi hitam kemudian di tambah dengan bumbu - bumbu rempah laiinnyasehingga akan memberikan kenikmatan di lidah kita. Lokasi Nasi Kalong ini di Jalan Riau (R.E. Martadinata) 102, buka sekitar jam 7 malam sampai jam 3 pagi.


6. Martabak Bandung
Di kota-kota besar atau di luar Bandung, Martabak Bandung sering dikenal dengan nama Martabak Bandung atau Martabak Terang Bulan. Dari awalnya isi gula dan kacang, saat ini variasi martabak Bandung sudah sangat beragam mulai dari adonannya yang pakai pandan, kopi, green tea hingga isiannya yang pakai toblerone, nutella, kitkat, dll. Selain variasi 9rasa yang bermacam - macam Martabak Bandung juga memiliki tampilan warna kulit martabak lebih muda, berserat, teksturnya lembut dan rasanya manis enak dan nikmat.


Itulah 6 wisata kuliner di Bandung yang wajib kamu coba saat berlibur ke Bandung sekian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment