WARALABA ALFAMART

Waralabanesia - Rekomendasi kami tim Waralabanesia adalah usaha Mini Market, karena bisnis ini banyak diminati disemua kalangan umur baik remaja maupun orang tua. Untuk diskripsi lebih jelasnya dan cara mendaftarkannya TIM Waralabanesia merangkumnya untuk anda:


ALFAMART

Waralaba Alfamart usaha minimarket yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan kesepakatan waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, selaku pemegang merek Alfamart dengan moto "Belanja Puas Harga Pas". Model bisnis Alfamart adalah menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan memiliki konsep sebagai Community Store.

  • Potensi Pendapatan Lain-Lain
Indikator potensi lokasi untuk minimarket berdasarkan pada segmentasi pasar golongan menengah ke bawah yang di sekitarnya terdapat komunitas penduduk yang merupakan target pasar dan mempunyai kemampuan daya beli. Posisi Alfamart adalah kategori Grocery Store yang menyediakan barang untuk kebutuhan keluarga atau individu, jadi secara umum indikator penilaian terhadap suatu lokasi berdasarkan akses, keadaan lingkungan, arus lalu-lintas, perkembangan pembangunan.

Tak jarang keberadaan minimarket di sebuah daerah, dengan penentu lokasi yang sesuai pada akhirnya menciptakan keramaian baru sehingga ikut memberikan peluang bagi para pengusaha lain untuk dapat memanfaatkan keramaian tersebut. Alfamart sendiri telah memfasilitasi banyak pengusaha kecil untuk turut memanfaatkan keramaian-keramaian yang ada melalui skema sewa tenant, skema ini kemudian mendatangkan potensi pendapatan tambahan untuk gerai Alfamart.

Selain itu pentingnya visibilitas produk bagi para produsen juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendapatan lain-lain. Keinginan para produsen untuk menempatkan produk-produknya di tempat yang paling strategis kemudian juga di fasilitasi oleh Alfamart melalui skema sewa, hal ini dikarenakan tempat display yang strategis dalam sebuah gerai tentunya tidak sebanyak display regular.

Potensi pendapatan lain-lain baik dari sewa tenant ataupun display tidaklah kecil dan di Alfamart pendapatan-pendapatan yang berasal dari lokasi semacam ini sepenuhnya menjadi hak pemilik dalam hal ini adalah Franchisee.

  • Prestasi
Seiring bertambahnya usia Alfamart, hampir seluruh penghargaan bergengsi dalam pengenalan merek di tanah air sudah diterima Alfamart. Hal ini menjadi bukti jutaan pelanggan setia setiap harinya memilih gerai Alfamart dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka.


  • Jangkauan Luas
Sampai dengan saat ini Alfamart telah menjangkau seluruh daerah Pulau Jawa dan Bali, Pulau Sumatera (Dalam proses: Aceh, Sumatera Barat dan Pangkal Pinang), Sulawesi Selatan dan Utara di Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan di daerah Kalimantan Selatan dan Barat. Alfamart pun sudah secara aktif melakukan ekspansi ke beberapa wilayah di Asia seperti di Filipina.

  • Alfamart Payment Point
Inovasi yang terus menerus dilakukan Alfamart demi kemudahan pelanggannya menjadikan Alfamart sebagai minimarket utama pilihan masyarakat. Inovasi yang dilakukan diantara, berbagai macam alat pembayaran dapat diterima di Alfamart termasuk pembayaran via HP dan pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran/ pembelian beragam transaksi di Alfamart. Transaksi tersebut diantaranya, reservasi tiket pesawat, reservasi tiket kereta api, tagihan listrik, air, telpon, internet, TV berlangganan, HP, voucher listrik dan HP, langganan koran, majalah dan tabloid, penarikan dan pengiriman uang, pembayaran cicilan sepeda motor dan elektronik, dan voucher belanja elektronik.

  • Corporate Social Responsibility Terpadu
Beragam kegiatan yang tergabung dalam program Alfamart 4 All secara rutin di gelar oleh Alfamart melibatkan lembaga terpercaya dan masyarakat pecinta dan pelanggan gerai Alfamart. Alfamart 4 All mencakup beberapa kegiatan utama yaitu Alfamart SMEs, Alfamart Smart, Alfamart Care, Alfamart Clean and Green, Alfamart Sport dan Alfamart Vaganza.

  • Alfaonline – Smart and Easy Shopping
www.alfaonline.com diluncurkan pada 18 Februari 2013 mengantisipasi perubahan pola berbelanja konsumen yang berbasis digital/ e-commerce.

  • Community Store
Kami berupaya mewujudkan Alfamart menjadi “A True Community Store” yang menjadi dasar filosofi kegiatan kami dalam memberikan layanan yang cepat berkualitas dan aksesibilitas yang mudah bagi pelanggan di sekitar gerai.

  • Gerai Pilihan Berbelanja
  1. Harga kebutuhan pokok sehari-hari yang terjangkau
  2. Pelayanan yang memuaskan
  3. Suasana yang nyaman
  4. Lokasi yang dekat dan mudah dijangkau masyarakat

  • Zona Komunitas
Lantai 2 gerai sebagai tempat kegiatan masyarakat:
  1. Arisan
  2. Rapat warga
  3. Tempat belajar anak-anak
  4. Demo produk, demo masak
  5. Tempat sosialisasi (pendidikan nutrisi) 

  • Informasi Komunitas
Media komunitas untuk lingkungan sekitar
  1. Informasi kesehatan
  2. Pengumuman pengurus lingkungan (RT/RW)
  3. Informasi jual beli dan sewa (rumah, kendaraan)
  4. Informasi promosi

  • Nilai Tambah Bagi Komunitas
  1. Payment Point (utilitas, pembayaran cicilan kendaraan, remittance)
  2. E – Services: ticket, e commerce
  3. Pengetahuan mengenai produk
  4. Kesempatan magang kerja bagi pelajar dan kerja paruh waktu bagi warga sekitar 



Waralabanesia




________________________________________________________


  • Persyaratan Menjadi Mitra Alfamart:
  1. Minat Industri Minimarket
  2. WNI, Badan Usaha (CV, PT, Koperasi & Yayasan)
  3. Lokasi Luas 150 s.d. 250 m2
  4. Dana Investasi
  5. Memenuhi Persyaratan Perizinan
  6. Mengikuti Sistem & Prosedur Alfamart

Waralabanesia



_________________________________________________________



TIPE KERJASAMA


1. Gerai Baru

Franchisee dapat memilih tipe gerainya sesuai dengan luasan lahan yang dimiliki. Ada beberapa tipe yang ditawarkan, yaitu tipe 36 rak dan 45 rak.

Berikut ini perkiraan investasi untuk gerai Alfamart dengan area penjualan seluas 80 m2 hingga 100 m2.
TIPE GERAI
LUAS AREA SALES*
INVESTASI**
36 RAK  80 M2RP 397 JUTA
45 RAK100 M2RP 417 JUTA
*Khusus untuk lokasi di Perkantoran, Apartemen, Rumah Sakit, SPBU, Kampus/Sekolah, Bandara, Stasiun, Tempat Wisata dapat menggunakan luas area sales dibawah 80 M2

**Nilai investasi di luar property dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai


  • Investasi awal tersebut mencakup:
  1. Franchise fee 45 juta untuk 5 tahun
  2. Instalasi kelistrikan
  3. Peralatan gerai dan air conditioner
  4. Sistem informasi ritel
  5. Shop sign dan sign pole
  6. Perijinan gerai
  7. Promosi dan persiapan pembukaan gerai.



2. Gerai Baru – Konversi

Program Konversi menawarkan kerjasama waralaba kepada pemilik toko minimarket lokal/ kelontong/ yang ingin mengembangkan usahanya.

Alfamart memberikan 2 (dua) kemudahan bagi para pemilik yang mengikuti program ini yaitu:
  1. Pengakuan barang dagangan milik toko minimarket lokal/ kelontong sebagai barang dagangan untuk stock pembukaan gerai waralaba Alfamart.
  2. Rak milik toko minimarket lokal/ kelontong/ dapat digunakan dan diakui sebagai pengurang biaya investasi (*kriteria rak harus sesuai dengan standar rak gerai Alfamart)


3. Gerai Take Over

Alfamart juga menawarkan “Paket ambil alih” (Take Over), dimana calon Franchisee dapat mengambil alih gerai milik Alfamart yang telah beroperasi dengan baik. Biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan untuk 5 tahun, Franchise fee 45 juta untuk 5 tahun, peralatan gerai dan goodwill




______________________________________________________________


POLA KERJASAMA

  • Finansial:
  1. Hasil penjualan disetor ke rekening Bank a/n Franchisee dan Alfamart (Joint Account).
  2. Hasil penjualan hanya dipakai untuk pembiayaan gerai tersebut.
  3. Penarikan dana dari Joint Account hanya dapat dilakukan/ dikuasakan kepada Alfamart.
  4. Jasa giro & pendapatan lain-lain sepenuhnya menjadi hak Franchisee.
  5. Setiap selesai tutup bulan, Franchisee akan menerima laporan keuangan (Financial Report).
  6. Franchisee dikenakan biaya Administration Fee sebesar Rp 750.000,-/ bulan.
  7. Pembayaran kelebihan surplus kas tahap pertama setelah 6 bulan, selanjutnya per-3 bulanan.

  • Barang Dagangan:
  1. Supply barang dagangan 100 % dari Alfamart.
  2. Jenis barang, harga jual, display, stock level dan promosi ditentukan oleh Alfamart.

  • Biaya Operasional
  1. Semua biaya operasional harus mengikuti sistem & prosedur Alfamart.
  2. Ketentuan dalam hak karyawan mengacu pada ketentuan Kementerian Tenaga Kerja.
  3. Perijinan & Perpajakan gerai Alfamart sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

  • Kontrak, Royalti & Perpanjangan:
  1. Membayar biaya Franchise fee 45 Juta untuk 5 th.
  2. Biaya Royalti mulai ditarik Alfamart untuk penjualan diatas Rp 150 Juta/ bulan.
  3. Jangka waktu Perjanjian Waralaba & perpanjangan kelipatan 5 tahun.

_____________________________________________________________


TARIF ROYALTY DAN ILUSTRASI PERHITUNGANNYA


Royalti yang dibayarkan ke Alfamart dihitung secara progresif, tergantung kepada jumlah penjualan bersih bulanan gerai yang bersangkutan dan tidak termasuk pajak.

         BIAYA ROYALTY                            ILUSTRASI
    PERHITUNGAN BERSIH (RP)
    %
    HITUNG
    SUB TOTAL
             0 S.D 150.000.000
        0          
    150.000.000 X 0%
    0
    150.000.001 S.D 175.000.000
    1
    25.000.000 X 1%
      250.000
    175.000.001 S.D 200.000.000
    2
    25.000.000 X 2%
      500.000
    200.000.000 S.D 250.000.000
    3
    50.000.000 X 3%
    1.500.000
               250.000.000 >                  
    4
    50.000.000 X 4%
    2.000.000


    TOTAL

    4.250.000        
* Ilustrasi Penjualan Bersih Rp. 300.000.000,-/ bulan


___________________________________________________________________



ALTERNATIF SOLUSI PEMBIAYAAN INVESTASI PERBANKAN


Tak bisa dipungkiri, maraknya bisnis waralaba di tanah air menjadikan persaingan kian ketat, strategi jitu serta inovasi selalu dibutuhkan untuk dapat menjadi yang terdepan. Tuntutan untuk mengedepankan layanan terbaik bagi konsumen serta mampu menyediakan value added sebagai pembeda adalah hal yang mutlak.

Alfamart menerjemahkan kondisi ini dengan baik, sebagai salah satu wujud value added untuk mendukung para investor berinvestasi di Alfamart, sejak Agustus 2008 Alfamart telah menjalin kerjasama pembiayaan waralaba dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Mengingat kesamaan pasar kedua perusahaan, yaitu usaha kecil dan menengah, sinergi tersebut diyakini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan jaringan waralaba. Pada tahun 2010 Alfamart menjalin kerjasama serupa dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan pada awal tahun 2011 Alfamart baru saja menjalin kerjasama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk terus mendukung para investor dalam hal pembiayaan waralaba di Alfamart.


Waralabanesia


__________________________________________________________________________


  • Ingin Mendaftar?

    Hubungi kontak franchise Alfamart berikut ini:



    Franchise Call Center : 0800.1800.234 (Bebas Pulsa) / 1500959 (Sahabat Alfamart)


    Pin BBM : 53F43C6D




    Bagaimana apakah anda tertarik bergabung dengan Alfamart? Tunggu apalagi kesempatan hanya sekali dan mungkin anda menjadi satu-satunya frenchasee di kota anda!

    Waralabanesia sangat merekomendasi ini dan diantara 5 bintang kami berikan score:


    4 Bintang





    Anda pernah mendengar tentang Alfamart atau sudah bergabung bersama Alfamart? Jika YA, Berikan Review tentang Alfamart pada kotak komentar Google+ dibawah ini!

    0 komentar:

    Post a Comment